Like Facebook dan Follow Twitter Kami!

12/22/2016

Cara dan Langkah Membuat Es Krim Dirumah Tanpa Alat Khusus

Cara dan Langkah Membuat Eskrim Dirumah Tanpa Alat Khusus
Cara dan Langkah Membuat Eskrim Dirumah Tanpa Alat Khusus

Dapur Resep Inti
- Membuat es krim memang terlihat mudah ketika menggunakan peralatan khusus. Tetapi jangan salah! Anda juga bisa loh membuat es krim lezat di rumah, tanpa menggunakan alat-alat tersebut.

Kuncinya adalah mencegah pembentukan kristal es berukuran besar ketika adonan sudah siap didinginkan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti metode yang sama dengan alat pembuat es krim, yakni melakukan gerakan berputar secara konstan.

Sekarang, Ini Dia Cara dan Langkah - langkah dalam Membuat Eskrim Dirumah Tanpa Alat Khusus :

Siapkan bahan-bahan

bahan membuat es krim
bahan membuat es krim
Dalam membuat es krim, biasanya dimulai dengan susu, krim, dan gula. Kendati demikian, ternyata ada bahan-bahan tambahan lainnya untuk mencegah pembentukan kristal pada adonan. Anda bisa mencampurkan bahan-bahan utama dengan custard khusus yang terbuat dari kuning telur.

Dinginkan

Agar campuran adonan es krim Anda cepat dingin, Anda bisa menaruhnya di atas mangkuk yang telah diisi bongkahan es, lalu mengaduknya hingga berada di suhu yang ideal. Setelah itu, tuangkan adonan tersebut ke dalam wadah (non-plastik) yang berukuran besar dan permukaan datar. Cara ini sangat ampuh untuk mempercepat proses pembekuan.

Bekukan dan Kikis

membekukan dan mengikis es krim
membekukan dan mengikis es krim
Ketika Anda hendak melakukan proses pembekuan, tutuplah wadah sebelum memasukkan ke lemari pendingin. Waktu yang ideal pada proses ini adalah sekitar 45 menit. Setelah adonan membeku, keluarkan lalu kikislah bagian pinggirnya dengan spatula, sambil mengaduknya ke dalam sisa adonan.

Mengaduk Adonan

mengaduk adonan es krim
mengaduk adonan es krim
Terus ulangi proses pengadukan dan pembekuan hingga tekstur adonan menebal. Kalau perlu, Anda bisa menggunakan whisk untuk mendapatkan tekstur yang sempurna. Lakukan cara ini dalam jangka waktu 30 menit sekali.

Tambahkan Bahan Penambah Rasa

menambahkan bahan penambah rasa dan pewarna makanan
menambahkan bahan penambah rasa dan pewarna makanan
Ketika es krim mencapai tekstur lembut, kini Anda bisa menambahkan bahan-bahan penambah rasa seperti sirup stroberi, chocolate chips, atau saus karamel. Setelah itu, Anda dapat memasukkannya kembali ke lemari pendingin selama satu jam. Es krim homemade pun siap disajikan.

Gimana Bunda Sista Teman teman? Gampang bukan? Dan Anda tidak membutuhkan peralatan khusus untuk membuat es krim karena dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan peralatan yang seadanya. Itu Dia Tips Cara membuat Es Krim Rumahan Tanpa menggunakan Alat Khusus. Sekian, jangan lupa untuk lihat update terbaru Dapur Resep Inti Ya.

Load disqus comments

0 komentar